Pertanyaan mengenai produk panel surya

Arsip PertanyaanKategori: Panel suryaPertanyaan mengenai produk panel surya
pengelola Staff ditanyakan 3 bulan yang lalu

Selamat siang Janaloka. Perkenalkan nama saya Fachry Abdul Razak Afifi  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir mengenai faktor yang membuat calon rumah tangga pengguna panel surya atap untuk memasang panel surya atap di rumah. Studi ini bertujuan untuk menganalisa faktor apa yang menjadi faktor dominan untuk menentukan rumah tangga untuk memutuskan untuk memasan panel surya atap.Studi ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada pengembang dan pemerintah untuk mendukung suksesnya Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap. 
Salah satu rangkaian dalam studi ini adalah pengambilan data menggunakan kuesioner. Untuk hal tersebut ada beberapa informasi yang ingin diketahui agar kuesioner yang di sebarkan nanti akan mendapatkan hasil yang baik. Oleh karena itu saya ingin menanyakan beberapa hal tentang produk panel surya, sebagai berikut:

  1. Untuk pemasangan panel 2000 Watt diruamh tangga, secara umum berapa biaya yang dibutuhkan?
  2. Adakah perbedaan kualitas dan  berapa harga untuk setiap produk panelnya? (tier 1,2 dan 3)
  3. Sistem panel surya atap tersebut memiliki potensi penghematan, Kira-kira berapa potensi penghematan yang dapat disahilkan oleh panel 2000 Watt?
  4. Berapa lama panel surya yang terpasang dapat digunakan ? (lifetime)
  5. Berapa lama juga rumah tangga akan mendapatkan balik modal (payback period) Ketika memiliki panel surya atap tersebut?
  6. Berkenaan dengan pendaaan, apakah mekanisme pendaan  yang dapat dipilih oleh calon pengguna panel surya atap?

Melihat dengan adanya kalkulator yang membutuhkan area dalam penentuan harga beli panel surya, sehingga biaya (harga) yang saya butuhkan adalah biaya umum yang akan dikeluarkan oleh rumah tangga jika ingin memasang panel surya tersebut. 
Saya harapkan Janaloka dapat memberikan informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan studi tersebut. untuk jawaban tersebut, saya dapat dibuhungi melalui No.Hp (+6287864458369) dan email ([email protected])
Terima kasih
Salam, 
Fachry